Jumat, 06 Agustus 2021

ASKING AND GIVING OPINION

Asking and Giving opinion merupakan sebuah ungkapan yang menyatakan meminta dan memberi pendapat dan pikiran terhadap suatu hal. Memberi dan meminta pendapat bertujuan untuk mengungkapkan ide, argumen, atau pendapat terhadap sesuatu.

1. Asking for opinion (menanyakan pendapat)

Berikut contoh ungkapan tentang asking for opinion:

What do you think about…? (Bagaimana menurutmu tentang…?)
What do you suggest…? (Apa pendapatmu…?)
What is your opinion? (Apa pendapatmu?)
What is your point of view? (Apa pendapatmu?)
Have you got any thoughts on this? (Punya saran soal ini?)
Do you have any views on this? (Punya saran soal ini?)
Do you have any idea? (Ada saran?)
How about…? (Bagaimana kalau…?)

2. Giving opinion (memberikan pendapat)

Berikut contoh ungkapan tentang giving opinion:

a. Giving your opinion neutrally (memberi pendapat secara netral)

expression giving opinion
(ungkapan memberi pendapat)
example of opinion
(contoh pendapat)
I think…
(saya pikir…)
I feel that…

(saya rasa…)
In my view, …

(dalam pandangan saya…)
It seems to me that, …

(tampaknya bagi saya…)
In my opinion, …

(menurut pendapat saya..)
In my experience, …

(berdasarkan pengalaman saya…)
As far as I’m concerned, …

(sejauh yang saya ketahui…)
All students should wear uniform. (semua siswa harus mengenakan seragam.)

Smoking rooms should be provided at public places. 
(ruang merokok harus disediakan di ruang publik)

I think maximum fines should be given to traffic law violators.
 (saya pikir denda maksimum harus diberikan kepada para pelanggar hukum lalu lintas.)

b. Giving a strong opinion (memberi pendapat yang kuat)

expression giving strong opinion
(ungkapan memberi pendapat yang kuat)
example of opinion
(contoh pendapat yang kuat)
I’m absolutely convinced that…
(saya sangat yakin bahwa…)
I’m sure that…

(saya yakin bahwa…)
I strongly believe that…

(saya sangat percaya bahwa…)
I have no doubt that…

(saya tidak memiliki keraguan bahwa…)
There’s no doubt in my mind that…

(tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa..)
We should give the death penalty to drug dealers. (kita harus memberikan hukuman mati kepada pengedar narkoba.)

School should be mobile phone free zone. 
(sekolah harus menjadi wilayah bebas ponsel.)

smoking rooms should be provided at public places.
 (ruang merokok harus disediakan di ruang publik.)

I strongly believe that… (Aku sungguh yakin bahwa…)
I really believe that… (Aku sungguh yakin bahwa…)
I am convinced that… (Aku yakin bahwa…)
I am certain that… (Aku yakin bahwa…)
From my point of view… (Menurut sudut pandangku…)
There is no doubt in mind that… (Sudah jelas bahwa…)

3. Agreeing with an opinion (setuju dengan sebuah pendapat)

Gunakan ungkapan ini jika setuju degan pendapat orang lain.

  • You’re absolutely right. (kamu benar sekali.)
  • That’s just what I was thinking. (itulah yang saya pikirkan.)
  • That’s a good point. (itu poin yang bagus.)
  • Exactly. (tepat sekali.)
  • I don’t think so either. (saya juga tidak berpikir begitu.)
  • That’s true. (itu benar.)
  • I agree with you entirely. (aku setuju denganmu sepenuhnya.)
  • I couldn’t agree more. (saya snagat setuju.)

4. Disagreeing with an opinion (tidak setuju dengan sebuah pendapat)

Kamu bisa gunakan ungkapan ini jika tidak setuju degan pendapat orang lain.

  • I don’t agree with you. (saya tidak setuju denganmu.)
  • That’s not entirely true. (itu tidak sepenuhnya benar.)
  • I’m sorry to disagree with you, but… (maaf saya tidak setuju denganmu, tapi..)
  • I’m afraid I have to disagree. (sepertinya saya tidak setuju denganmu.)
  • I’m not sure about that. (saya tidak yakin tentang hal itu.)

CONTOH:

1. Berbentuk TEXT

I think smoking rooms should be provided in public places because it will be better for people who don’t smoke. Smoking really has a bad impact on passive smokers. They don’t smoke and they get sick because of the smokers. This is really unfair and a detriment to people who don’t smoke.
Another point is… (menyebutkan ide lain)
Facts show that millions of people get lung cancer… (menyebutkan fakta)
It shows that… (menghubungkan antara fakta dan bukti)
I’ve told you once and I will tell you again that smoking rooms should be provided at public places because it will be better for people who don’t smoke. (menyatakan kembali pendapat yang kuat tersebut yang didukung oleh data dan fakta yang telah disebutkan sebelumnya)


2. Berbentuk DIALOG

Anton : Hey, Bagas! Have you watched the Game of Thrones series? (Hei, Bagas! Sudahkah kamu nonton serial Game of Thrones?)

BagasOf course I have! (Tentu saja sudah!)

AntonWhat is your point of view, then? (Kalau begitu, apa pendapatmu tentang itu?)

BagasI honestly think that the actors have unbelievable acting skills. (Sejujurnya aku berpikir bahwa pemerannya memiliki kemampuan berakting yang sangat keren.)

AntonGood point. And what is your opinion about the plot? (Benar juga. Lalu apa pendapatmu soal jalan ceritanya?)

BagasThere is no doubt in mind that the plot is mind-blowing! By the way, how about we watch another Netflix series together? (Sudah jelas bahwa jalan ceritanya menakjubkan! Omong-omong, bagaimana kalau kita nonton serial Netflix lainnya?)

AntonI strongly believe that is a great idea. We can watch Stranger Things, perhaps? (Aku sungguh yakin itu ide yang bagus. Mungkin kita bisa nonton Stranger Things?)

BagasThat is great. Let’s go! (Bagus. ayo!)

Sumber:
https://missluluenglish.wordpress.com/2020/11/16/asking-for-giving-opinions-bahasa-inggris-kelas-10/
https://blog.cakap.com/percakapan-asking-giving-opinions/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SIMPLE PAS TENSE VS PRESENT PERFECT TENSE

  Simple Past Tense Gunakan  Simple Past Tense  untuk menyatakan kejadian yang terjadi dan berakhir/selesai dilakukan di waktu lampau pada...